Responsive Ads Here

Thursday 30 June 2016

Kelimado Jadi Desa ‘Pintar’


BOAWAE – Kelimado, satu dari dua desa di Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo yang terletak di kaki Gunung Ebulobo terus berbenah diri dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat perdesaan. Pandangan ini bukan tanpa alasan, pasalnya Kelimado merupakan desa di Nagekeo yang menjadi 'pilot project' pengembangan kepustakaan desa.

Terkait program itu, Petrus Mola selaku Kepala Desa Kelimado mengaku senang dengan keberadaan Perpustakaan desa (Perpusdes)."Dengan adanya perpustakaan ini, masyarakat Kelimado merasa cukup terbantu. Mereka bisa tau bagaimana bercocok tanam yang baik dan benar. Selain itu, mereka bisa meningkatkan wawasannya," kata Pit sapaan singkat, Petrus Mola kepada vigonews.com grup Media CERMAT beberapa waktu lalu.

Setali tiga uang, salah seorang tokoh masyarakat Kelimado Siprianus Lalu, merasakan dampak positif dari keberadaan Perpusdes tersebut. "Kami merasa dengan adanya perpustakaan ini bisa menunjang pendidikan non formal kami," ungkap Siprianus disela aktivitas membaca buku di Perpusdes Kelimado.

Lanjut Siprianus, program Perpusdes ini sangat membantu pengembangan wawasannya. "Kita bisa belajar tentang pertanian agar lebih maju, kemudian bisa melihat bagaimana cara mengisi usulan proposal, saat ini kami sudah bisa mengajukan proposal ke kabupaten," tandasnya.

Kepala Seksi Perpus instansi Kepustakaan dan Arsip Daerah Nagekeo, Suriani Lansi menjelaskan hingga kini pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas pengurus Perpusdes di dalam pelayanan dan pengelolaan Perpus se-Kabupaten Nagekeo.

Aktivitas di kepustakaan Desa
"Kita melakukan pembinaan secara berkala, apabila ada yang kurang beres di sini kita langsung lakukan pembinaan. Kita mengawasi bagaimana menyusun buku dengan benar. Apakah penyusunan buku sesuai dengan kodenya atau tidak," terang Suriani.

Suriani pun berharap, setiap pengurus di desa-desa mampu melakukan terobosan dalam pembangunan literasi bagi warga masyarakatnya. "Harapan kita ke depan semoga masyarakat di Kelimado bisa memanfaatkan perpustakaan desa dengan baik. Tidak hanya dipajang saja.

Desa-desa yang lain bisa mencontoh perpustakaan di Kelimado, buku-bukunya jangan hanya disimpan di kardus, tetapi disusun rapi di rak buku seperti di sini," imbuhnya.

Selain Perpusdes, pihak Kepustakaan dan Kearsipan Desa juga melakukan beberapa program nasional. Hal itu, berdasarkan keterangan Renata Fernandes selaku Kepala Kantor Kepustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Nagekeo.

"Secara rutin kita melakukan pelayanan kepustakaan keliling dengan menggunakan mobil pintar. Tahun 2016 sekitar bulan Juni melakukan pembinaan kepustakaan baik pengelolaan kepustakaan sekolah maupun kepustakaan desa/kelurahan," jelasnya.

Untuk diketahui, Desa Kelimado merupakan satu dari dua desa di Kecamatan Boawae yang menjadi "pilot project" pembinaan Perpustakaan Desa se-Kabupaten Nagekeo. (ydlm)

Insert foto: Pengelola kepustakaan desa Kelimado

No comments:

Post a Comment