Responsive Ads Here

Thursday 30 June 2016

Antisipasi Kejadian Luar Biasa Badan SAR Se-Flores Rakor di Maumere


MAUMERE -- Kepala Badan 'Search and Rescue' SAR Nasional (Kabasarnas), Marsekal Madya TNI F. H. Bambang Soelistyo bersama Deputi Bidang Operasi SAR, Mayjen TNI Heronimus Guru membuka rapat koordinasi SAR Daerah se daratan Flores-Lembata di ibukota Kabupaten Sikka, Maumere, Rabu (28/06).

"Kemarin (29/06), kunjungan Kepala Badan SAR Marsekal Madya TNI F.H. Bambang Soelistyo, S.Sos dan Deputi Bidang Operasi SAR Badan SAR Nasional Mayor Jendral TNI Heronimus Guru, M.Si dalam rangka kegiatan Rapat Koordinasi SAR Daerah di Maumere," kata staf  Humas dan Protokol Pemda Sikka, yang namanya enggan dikutip, melalui sambungan telepon, Kamis (30/06).


Lanjut staf Pemda itu, kegiatan yang diikuti Badan SAR se-daratan Flores-Lembata diresmikan Kabasarnas dan berlanjut sampai hari ini (Kamis), di sebuah hotel di kota Maumere.


"Beliau (Kabasarnas) membuka dan memimpin Rakor SAR daerah sedaratan Flores-Lembata di Maumere. Kegiatan berlangsung pagi tadi jam 10 (Wita) di Capa Hotel," terangnya.


Untuk diketahui, Rakor bertema 'SAR Daerah Kita Satukan Pemahaman Tentang Pencarian dan Pertolongan sesuai UU No.29 Tahun 2014' itu juga dihadiri Kepala Pangkalan TNI AU Kupang, Kepala Kantor SAR Provinsi NTT.


Selain itu hadir pula, Bupati-Wakil Bupati Sikka, Yoseph Ansar Rera-Paolus Nong Susar, Ketua DPRD Sikka, Rafael Raga serta Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Kabupaten Sikka dan Pimpinan SKPD Sikka.


Tambahan Armada


Kepala Basarnas RI, Marsekal Madya FHB. Soelistyo, S.Sos, ketika membuka Rapat Koordinasi mengatakan, terkait dengan operasi sepanjang pantai, Maumere mendapat bantuan armada berupa Rescue Truck untuk mengangkut personil tim SAR dan Rescue Boat RB 308 yang akan digunakan untuk melakukan operasi sepanjang wilayah pantai pulau Flores. Armada ini untuk operasi penyelamatan kalau ada bencana dan juga untuk mendukung kegiatan wisata di daerah itu, sekaligus memperkuat sarana yang sudah ada.


Wilayah Flores, termasuk Maumere tambah Soalistyo masuk  wilayah rawan bencana. Dia mencatat kejadian seperti meletusnya Gunung Rokatenda di Palue. Jadi tambahan armada juga untuk mengantisipasi kalau ada hal luar biasa.


Di bagian lain,  Bupati Sikka, Drs.Yoseph Ansar Rera terima kasih kepada instansi Basarnas yang telah membantu pemerinah Kabupaten Sikka dalam bentuk tambahan armada tim SAR. Dia berharap ini akan membantu tim dalam menghadapi situasi luar biasa.


Itu sebabnya, pinta  Bupati Ansar, Basarnas Maumere harus terus  meningkatkan sinergitas dan koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Sikka sehingga masyarakat dapat dilayani dengan baik dalam menghadapi bencana. (ydlm)


Insert foto: Kabasarnas Marsekal Madya TNI F. H. Bambang Soelistyo

No comments:

Post a Comment