Responsive Ads Here

Saturday 12 March 2016

Di SMPN Satap Kuwuk, Siswa Tidak Hanya Tahu Pengertian Baik Tetapi Juga Berbuat Baik


RIUNG/BERITA FLORES, vigonews.com – Siswa SMPN Satap Kuwuk, Riung, tidak hanya tahu pengertian kebaikan, tetapi juga mampu melakukan perubatan baik. Hal itu diimplementasikan melalui sejumlah kegiatan ekstrakurikuler, termasuk gerakan cinta lingkungan hidup.

Salah satu wujud perbuatan baik adalah mendorong siswa melakukan akasi nyata dalam kehidupan, seperti gerakan kebersihan wujud cinta lingkungan. Para siswa SMPN 1 Satap Riung di Kuwuk ini, Sabtu (12/03/2016)  melaksanakan aksi Sabtu bersih berupa kegiatan potong rumput di pinggir jalan raya lintas Wangka-Maronggela tepatnya di Miris. Aksi Sabtu bersih yang dilaksanakan sekitar pukul 08.00-10.00 Wita, bukan bersifat rutinitas, tapi temporal.

Kepala Sekolah SMPN 1 Satap Riung, Fransiskus Seso kepada vigonews.com mengatakan kegiatan Sabtu bersih merupakan kegiatan ekstra dari pendidikan yang sifatnya temporer.

Menurutnya, melalui kerja bakti siswa/i diajarkan nilai kepedulian sosial dan lingkungan hidup. Siswa/i merupakan bagian dari mayarakat yang digolongkan sebagai masyarakat pendidikan. Pada saatnya nanti siswa/i akan hidup bermasyarakat, menjadi pelaku dalam nasyarakat yang sadar dan tahu akan perilaku hidup bermasyarakat.

Karena itu, sejak dibangku pendidikan siswa/i harus diajarkan nilai kepedulian sosial, nilai cinta akan sarana-sarana umum dan nilai kepedulian pada lingkungan hidup. Selain itu, kerja bakti merupakan perwujudan nyata dari kesadaran iman. 

"Siswa/i tidak hanya tahu pengertian apa itu baik, tapi harus diberitahu bagaimana berbuat baik", jelas Fransiskus. (sip)***

Insert foto: Kegiatan kerja bakti SMP Satap Kuwuk, Riung.

No comments:

Post a Comment