Responsive Ads Here

Monday 12 October 2015

Guru Sibuk Urus u-PUPNS, Siswa Terlantar


BAJAWA, vigonews.com – Guru sibuk urus u-PUPNS dua pekan terakhir ini mengakibatkan banyak siswa di hampir semua sekolah terlantar. Salah satu sekolah di kecamatan Wolomeze bahkan meliburkan siswanya.

Hampir dua pekan, sebagian  besar guru dari sekolah-sekolah meninggalkan kegiatan belajar mengajar (KBM)  guna mengurus u-PUPNS di kota. Akibatnya KBM tidak bisa berjalan normal. Pantauan vigonews.com di kota Bajawa, kabupaten Ngada, sejumlah warnet dan café yang ada layanan internet dipadati guru-guru dari berbagai sekolah di kabupaten Ngada.

Di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ije, kecamatan Wolomeze, kabupaten Ngada, disebutkan KBM sudah tidak berjalan normal dalam dua minggu terakhir. Selama itu, para guru sekolah ini, mulai dari kepala sekolah hingga empat guru PNS lainnya bergantian meninggalkan sekolah kemudian menuju kota untuk mengurus data u-PUPNS. KBM hanya dilayani guru honor.

Puncaknya pada tanggal 8 – 9 Oktober yang lalu, siswa sekolah ini pun diliburkan karena lima guru negeri yang ada di sekolah itu pergi semua. Guru honor pun tinggal dua orang, yang akhirnya diputuskan KBM tidak bisa berlangsung. “Hampir dua minggu KBM tidak berjalan normal. Hanya guru  honor yang setia menemani siswa tetapi tidak bisa maksimal. Dari pada anak-anak datang hanya main akhirnya diliburkan,” kata salah seorang warga dekat sekolah yang enggan menyebut namanya.

Sementara salah seorang warga, Daminus Rema kepada vigonews.com, Rabu (13/10/2015) juga menyesalkan situasi yang terjadi di sekolah itu. Ia heran kenapa siswa terlantar dan puncaknya tanggal 8 – 9 oktober iliburkan dengan alasan sedan gurus u-PUPNS. “Padahal sekolah lain saya dengar KBM berjalan biasa, ko di sini siswa malah ditelantarkan,” katanya kesal.

Kalau sekarang ini ada  alasan urus u-PUPNS, tetapi sebelumnya juga sering terjadi guru meninggalkan sekolah dan tidak melakukan kegiatan KBM sebagaimana biasa.  “Malah yang kami liat guru honor malah lebih setia berada di sekolah dengan kegiatan KBM daripada guru negeri. Tidak tahu urus apa saja,” tegasnya. (ch)*

No comments:

Post a Comment