Responsive Ads Here

Saturday 26 December 2015

Marianus Sae: ‘Bekerja Saja, Siapa Tau Nama Ada Tertulis’


BAJAWA/NGADA, vigonews.com  – “Kok saya malah gugup dengan KPU dan Panwas,” kata Marianus Sae berseloroh yang  sambut tawa hadirin usai Ketua KPU Thomas Djawa menutup Rapat Pleno Penetapan Bupati/Wakil Bupati terpilih di Gedung KPU Ngada, Selasa (22/12/2015). Seloroh Marianus yang didaulat untuk menyampaikan sambutan bersama Calon Wakil Bupati terpilih Paulus Soli Woa membuat suasana yang sebelumnya tampak serius jadi lebih santai.

Pada kesempatan itu, Marianus Sae menyampaikan terima kasih kepada pasangan calon nomor 1 Kornelis Soi – Yoseph Bei dan pasangan calon nomor 2 Paulinus No Watu – Bernadinus Dhey Ngebu yang dinilai telah menjadi ‘rival’ yang baik selama penyelenggaraan pilkada berlangsung. Marianus sekaligus meminta maaf kepada keempat kandidat itu jika selama kampanye ada kekhilafan dari dirinya bersama Paulus Soli Woa, partai pengusung, serta tim dari tingkat kabupaten hingga desa bahkan simpatisan.

“Terima kasih banyak  saya sampaikan kepada empat rekan saya yang sudah jadi rival yang baik. Kita sudah bersama-sama menunjukkan sesuatu yang baik kepada masyaraka melalui proses demorasi yang baik dalam pemilukada yang baru selesai,” kata Marianus disambut aplaus hadirin.

Apa yang dikatakan Marianus memang menjadi catatan penting dan kesan publik. Bahkan penyelenggaraan pilkada kali ini menempatkan Ngada sebagai penyelenggara terbaik dan melibatkan partisipasi pemilih tertinggi di seluruh NTT. Nuansa demokrasi yang harus terus ditumbuhkembangkan ke depan.

Dikatakan Marianus, dirinya sangat menyadari, semua kandidat yang bertarung adalah calon pemimpin terbaik untuk Ngada. Dan disadari pula bahwa semua tentu memiliki mimpi untuk membangun Ngada yang lebih baik. “Kami sadari bahwa, kita semua punya mimpi bangun daerah. Dan kami juga sadari bahwa yang dipilih rakyat tentu punya kekurangan. Karena itu kekurangan kami bisa dilengkapioleh empat rekan kami yang lain. Mari kita diskusi untuk bangun daerah ini. Dan titipkan mimpi itu kepada kami. Hanya dengan kebersamaan daerah ini bisa maju, melalui kerja bersama dan sama-sama bekerja,” pinta Marianus.

Terkait dengan itu Marianus Sae minta dukungan semua elemen masyarakat, termasuk para kandidat yang belum mendapat kepercayaan untuk bahu-membahu membangun Ngada yang lebih sejahtera. Itu sebabnya Paulus Soli Woa ketika diminta untuk bicara hanya mengatakan, “sukses ini kami persembahkan untuk rakyat melalui kerja-kerja untuk membawa rakyat Ngada pada kesejahteraan. Mari kita sama-sama membangun Ngada,” tambah Soli Woa.

Setelah menyampaikan permohonan maaf dan minta dukungan, Marianus mengatakan, “kita hanya menjalani apa yang dikehendaki oleh Tuhan. Kalau Tuhan menghendaki lain, kita tidak berdaya. Sejak dipercayakan oleh rakyat Ngada periode pertama saya percaya ini kehendak Tuhan. Saya berprinsip jalani saja – kerja saja, siapa tau nama kami yang tertulis di atas untuk mengemban tugas mulia ini. Dan, ternyata Tuhan sudah tuliskan nama kami jauh sebelumnya.”

Jadi kata dia, hidup semua orang  hari demi hari sudah diatur. Termasuk tahapan ini pilkada sudah diatur. “Karena itu alasannya mengapa hari ini kita semua berada di sini. “Siapa jadi ketua KPU, Panwas itu juga sudah ditulis dari sana. Kita hanya jalani dan menyukurinya melalui tanggung jawab yang sudah dipercayakan,” kata Marianus dalam nada seloroh.

Di bagian lain, Marianus Sae menyampaikan profisiat kepada KPU, Panwas, Polres Ngada, Dandim 1625 Ngada dan jajarannya, yang telah bekerja keras bekerja untuk pelaksanaan pilkada yang bermartabat ini. Tidak heran jika Ngada menjadi laboratorium demokrasi karena penyelenggaraan terbaik.

Terimakasih juga disampaikan Marianus kepada Penjabat Bupati Ngada Yohanes Tay yang telah melakukan tugas Negara sebaik-baiknya. Terima kasih juga kepada  pimpinan DPR, untuk kerja sama dan pengorbanan demi  pengabdian untuk daerah ini. Partai pengusung, PAN, Golkar dan Hanura. Kejaksaan, PN dan seluruh jajarannya. Dan seluruh masyarakat Ngada yang memberi dukungan dalam keseluruhan proses pilkada.

Pada rapat Pleno Rekapitulasi sebelumnya, hasil perhitungan suara pilkada kabupaten Ngada pasangan Marianus Sae-Paulus Soliwoa  unggul di 12 Kecamatan se-kabupaten Ngada, dengan perolehan suara 52.164 atau 68,05 persen, diikuti paket  paket Konsep (Kornelis Soi-Yosep Bei) dengan perolehan suara 12. 667 atau 16,52 persen dan paket Padi (Paulinus No Watu-Bernadinus D. Ngebu) dengan perolehan suara 11.829 atau 15,43 persen.  Data yang masuk 288 TPS dari 288 tps (100%). (ch)*

Insert foto: Marianus Sae - Paulus Soli Woa menerima hasil penetapan Calon Bupati/Wakil Bupati terpilih dari Ketua KPU Ngada Thomas M. Djawa, setelah menang dalam pemilukada 2015.

No comments:

Post a Comment