Responsive Ads Here

Monday 21 September 2015

Siapa Calon Bupati/Wakil Bupati Favorit Anda


BAJAWA, vigonews.com - Tahapan pemilu bupati/wakil bupati serentak kini sedang dalam tahapan kampanye. Para kandidat gencar menyampaikan visi, misi dan program. Seperti apa respons publik Ngada pada ketiga paket calon? Masyarakat silahkan memilih paket favoritnya  dengan meng-klik di media online vigonews.com.

Paket calon yang berlaga yakni KONSEP (Kornelis Soi – Yosep Bei), PADI (Paulinus No Watu – Bernadinus Dhey Ngebu), dan MULUS (Marianus Sae – Paulus Soli Woa).

Kini para kandidat memiliki nomor urut. Suka atau tidak suka nomor diperoleh dengan undian. Berapapun nomor yang diperoleh, ternyata bagi para kandidat membawa makna dan filosofi tersendiri. Berikut ini, para kandidat bicara soal hoki yang akan diraih dengan nomor yang mereka peroleh.Akankah nomor urut menjadi penentu kemenangan.


Nomor 1 – ‘Konsep’
Entah kebetulan atau tidak, pasangan calon (Paslon) Kornelis Soi – Yosep Bei, yang Selasa (25/08/2015) tiba  pertama di Gadung KPU justru mendapat nomor undian 1 (satu). Sebelum semua Paslon mengambil undian, penghubung  para calon terlebih dahulu mengambil lotre untuk menentukan pasangan calon mana yang  pertama akan mengambil undian. Saat Lotre, Konsep mendapat kesempatan ketiga.

Ketika keduanya mengambil undian pada kesempatan ketiga setelah dua pasangan lainnnya, Konsep mendapat nomor undian  1 (satu). Begitu dibuka, seketika Konsep mengacungkan jempol. Gestur keduannya menunjukkan tidak ada masalah dengan nomor undian itu. Dan nomor 1 (satu)  adalah nomor yang tepat bagi Konsep. Para pendukung Konsep pun menyambut gembira, karena paket mereka memang harus menjadi ‘to be number one’ – menjadi nomor satu, dan menjadi yang terbaik untuk rakyat Ngada. Rakyat Ngada adalah nomor satu dan menjadi prioritas dalam pelayanan jika terpilih sebagai bupati/wakil bupati.

Dihadapan Komisioner KPU dan hadirin, Kornelis  Soi memberi komentar makna filosofi dari nomor undian 1 yang diperolehnya. Dikatakan, Konsep siap melayani Rakyat Ngada dengan pelayanan terbaik. “Nomor satu itu terbaik. The best. Jadi Konsep siap melayani rakyat Ngada sebaik-baikya jika tanggal; 9 Desembera 2015 rakyat Ngada memberi mandat,” kata Kornelis didampingi calon wakilnya Yosep Bei.



Nomor 2 – Padi
Pasangan calon (Paslon) Paulinus No Watu – Bernadinus Dhey Ngebu (Padi) saat pengambilan nomor undian tiba urutan kedua di KPU setelah paket nomor 1. Saat undian justru pasangan ini mendapat nomor undian 2 (dua).

Entah kebetulan lagi atau tidak,  Paket ini seolah hoki dengan nomor undian 2 (dua). Saat mengambil  Lotre untuk menentukan urutan mengambil nomor urut, Padi mendapat lotre 3 (tiga). Ketika Pasangan Paulinus – Bernadinus mengmbil nomor undian malah mendapat nomor 2 (dua). Keduanya tak kuasa menyembunyikan rasa gembira karena mendapat nomor undian yang memang sudah diniatkan dari sekreatriat Pilkada Paket Padi.

Senyum tak lepas dari kulum dua anggota DPRD Ngada masing-masing dari Partai Gerindra dan PKB itu. Ketika diminta komentar tentang makna filosofi undian 2 (dua) keduanya serta-merta menaiki podium di gedung KPU itu.

Bagi Padi, nomor undian 2 (dua) adalah hoki yang bakal mengantarkan mereka memimpin Ngada lima tahun ke depan. Apa kata Paulinus No Watu soal nomor undian 2 (dua)? “Ketika mendaftar, kami dapat urutan ke-4, ketika mengambil lotre untuk menentukan kesempatan mengambil undian kami dapat nomor 3 (tiga) dan ternyata saat mengambil undian kami  mendapat nomor 2 (dua). Ini tanda-tanda alam, bahwa tanggal 9 Desember, Padi akan mendapat nomor 1, alias keluar sebagai pemenang,” katanya.

Ungkapan Palinus itu memang sulit ditebak oleh audiens yang hadir di KPU siang itu. Begitu Paulinus menyelesaikan cerita hoki nomor urut dua, sontak hadirin yang sebelumnya hening memberi standing aplaus. Suasana gedung KPU pun jadi ramai. Arah pembicaraan Paulinus memang tidak bisa diprediksi sebelumnya. Itu yang membuat hadirin merasa ‘terkecoh’ namun tidak terasa.

Paulinus pun melanjutkan, dalam sejarah pilkada, pilgub bahkan pilpres nomor 2 (dua) selalu keluar sebagai pemenang. Sembari mengacungkan tangan dengan dua jarinya ditegakkan membentuk huruf  V, Paulinus mengatakan, dua adalah vicktory – yang berarti kemenangan. Jika kemenangan itu diraih Padi, maka itulah kemenangan rakyat Ngada.


Nomor 3 – ‘Mulus Lanjutkan’
Pasangan calon (Paslon) Marianus Sae – Paulus Soli Woa (Mulus Lanjutkan) adalah pasangan yang tiba terakhir atau ke-3 di KUP pada hari pengambilan nomor undian, Selasa (25/08/2015). Datang pada urutan ketiga ternyata membuat pasangan ini mendapat nomor undian 3 (tiga)

Saat pengambilan lotre, pasangan ini mendapat kesempatan pertama (No 1) mengambil, tetapi nomor yang diperoleh dari undian itu adalah 3 (tiga). Mengetahui nomor undian 3 (tiga), Marianus Sae dan Paulus Soli Woa langsung mengangkat tinggi-tinggi dan mengacungkan jempol tanda nomor yang oke. Sontak para pendukung memberi aplaus sembari berdiri.

Ketika diberi kesempatan untuk mengomentari nomor undian yang diperoleh, Marianus Sae dengan lugas mengatakan, nomo 3 (tiga) adalah simbol kebersamaan dan kekuatan. “Orang Ngada sangat percaya pada tiga kekuatan yakni Allah, Arwah dan Alam,” kata Marianus yang disambut dengan tepuk tangan hadirin.

Dia melanjutkan, dalam membangun Ngada butuh kebersamaan. Dan nomor 3 (tiga) adalah simbol kebersamaan itu. Tanpa kebersamaan tidak bisa berbuat apa-apa. Ada kekuatan ekseskutif (pemerintah) didukung kekuatan legilatif (DPRD) dan dukungan seluruh rakyat Ngada.

Nomor undian 3 (tiga) memang didambakan sebelum seremonial undian dilakukan di KPU. Saat melakukan ritual dengan belah babi dilakukan tiga kali. “Kalau sekali saja tanpa bunyi itu babi mati. Dan filosofi kita orang Ngada, babi yang berteriak merupakan  tanda dan pemberitahuan seisi kampung bahwa di rumah itu ada  hajatan,” kata Marcel Nau.

Memang banyak hal yang kelihatan kebetulan bagi Paket Mulus saat mengambil nomor undian, tetapi bagi mereka ini sebuah aura dukungan terhadap Mulus untuk melanjutkan program-program pro rakyat di tanah Ngada. Datang ke KPU urutan ketiga. Ritual belah babi sebelum ke KPU sebanyak tiga kali. Didukung tiga partai pengusung, dan di parlemen Mulus didukung 13 kursi. (ch)*

Insert foto: Calon Bupati/Wakil Bupati Ngada:  Paket MULUS, KONSEP dan PADI

No comments:

Post a Comment