Responsive Ads Here

Monday 19 October 2015

Cegah Rabies, Ribuan Anjing Divaksinasi


WOLOMEZE/NGADA/FLORES, vigonews.com - Dalam rangka mencegah wabah  rabies, ribuan anjing di kecamatan Soa, kecamatan Bajawa Utara (Batara) dan kecamatan Wolomeze  divaksin.

Lebih dari  6.000 ekor anjing divaksin oleh para petugas di tiga kecamatan itu. Pada bulan September vaksinasi sudah dilakukan di kecamatan Batara dengan target 2.500 ekor anjing. Pada Oktober dilanjutkan di kecamatan Wolomeze target 1.200 ekor anjing, kemudian akan dilanjutkan di kecamatan Soa dengan target lebih dari 3.000 ekor anjing.

Kegiatan vaksinasi di kecamatan Wolomeze juga dilakukan di desa Nginamanu, Senin (19/10/2015). Vaksinasi dilakukan di tiga titik yakni di Kurubhoko, Tajo dan Nangge. Dari pantauan, warga terlihat membawa hewan peliharaan mereka ke tempat-tempat yang sudah ditentukan.


Menurut salah seorang vaksinator, Frederikus Kazu, populasi ajing di desa Nginamanu sekitar 200 ekor. "Makanya kami bawa vaksin sebanyak 200. Kalau yang paling banyak di desa Turaloa. Tahun lalu saja sekitar 300, sehingga tahun ini pasti bertambah," kata Fredi.

Salah seorang warga, Yohanes Renggo hari itu mambawa empat ekor anjing peliharaannya. Oleh vaksinator, Johny begitu dia biasa disapa juga diminta untuk membawa anak anjing untuk divaksin.

Kepala Resort Peternakan Kecamatan Wolomeze, Rafael Sai, ketika dijumpai sedang memimpin kegiatan vaksinasi di desa Nginamanu, mengatakan kegiatan itu  merupakan upaya untuk mencegah wabah rabies dimana Ngada juga menjadi endemik.


Untuk vaksinasi tersebut, kata dia, masyarakat diminta membawa hewan peliharaannya seperti kucing, anjing dan kera. Dan yang terbanyak adalah anjing.

Menurut Rafael, kesadaran masyarakat untuk membawa hewan peliharaan untuk divaksin sudah semakin baik. "Meski begitu kita tetap memberi pemahaman kepada masyarakat agar tidak lengah, dan selalu membawa hewan peliharaannya guna divaksinasi. Karena bahaya rabies merugikan,  mengingat daerah ini masih menjadi endemik," katanya.(ch)*

Insert foto: Para vaksinator sedang memberi vaksin rabeies pada anjing di kecamatan Wolomeze

No comments:

Post a Comment