Responsive Ads Here

Wednesday 11 November 2015

Abraham P. Liyanto: Kadin Harus Mampu Ciptakan Lapangan Kerja


BAJAWA/FLORES, vigonews.com – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) NTT, Abraham Paul Liyanto  menegaskan, Kadin Ngada harus mampu menciptakan lapangan kerja di daerah. Hal itu ditegaskan Abraham Paul Liyanto ketika melantik pengurus Kadin Ngada  periode 2015 – 2020, di Aula John – Tom, Rabu (11/11/2015)

Menurut Paul Liyanto, Kadin berperan membantu pemerintah memperbaiki kondisi perekonomian masyarakat, mencari solusi sehingga terbuka peluang usaha dan menggairahkan dunia usaha. Tantangan Kadin cukup besar, karena itu  perlu sinergis dengan pemerintah untuk mencari solusi dalam memecahkan persoalan  ekonomi daerah, demi pertumbuhan daerah.

Dikatakan, pertumbuhan angkatan kerja yang terus naik setiap tahun bisa menjadi masalah jika tidak dibarengi tersedianya lapangan kerja. Karena itu, Paul Liyanto minta Kadin di daerah harus bersinergis dengan pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja.

Sehubungan dengan hal itu, Paul Liyanto mengatakan, Ngada memiliki potensi yang bisa dikembangkan dalam menumbuhkan dunia usaha. Karena itu Kadin perlu lebih kreatif  menyiasati solusi  bersama pemerintah agar kegiatan ekonomi bertumbuh kondusif. Dia mencontohkan, Ngada memiliki keunggulan dalam bidang pariwisata berbasis budaya. Hal ini menjadi aset yang jika dikembangkan dapat menjadi lokomotif untuk menarik potensi-potensi lain untuk berkembang.

Terkait dengan itu, Dia juga mengingatkan, agar anggota Kadin menjadi wadah yang dapat memayungi para pengusaha di daerah. “Kadin harus jadi payung untuk menumbuhkan dunia usaha. Kadin bukan kerja proyek tetapi sebaliknya harus menciptakan proyek demi pertumbuhan ekonomi di daerah. Jadi tidak boleh Kadin itu urus proyek. Kadin juga bukan tempat cari makan,” kata angggota DPD dari NTT ini.

Pengurus Kadin Kabupaten Ngada yang baru bersama Abraham Paul Liyanto
Di Ngada, kata Paul Liyanto, memang tidak ada industry besar seperti di daerah lain. Meski begitu Kadin tetap harus berupaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui dunia usaha lokal. Karena itu Kadin berupaya bersinergis dengan pemerintah daerah dalam upaya mencari solusi guna menemukan potensi sektor ril yang menjadi unggulan daerah sehingga bisa digarap.

Dikatakan, Kadin adalah organisasi yang independen tidak terkait pada kekuatan sosial politik manapun, karena Kadin berkarya untuk mewujudkan Pemerataan, Keadilan dan kesejahteraan Rakyat serta Kadin membantu menciptakan  ketahanan ekonomi Nasional dalam menghadapi persaingan Global, khususnya MEA yang akan diberlakukan bulan depan.

Dengan telah terbentuknya Kadin Kabupaten Ngada yang baru, diharapkan para pengusaha/pelaku usaha dapat duduk bersama pemerintah untuk menyatukan tekad dan semangat bersama dalam membangun perekonomian daerah demi memajukan perekonomian Nasional.     

“Saya mengajak, marilah kita berlomba untuk menyumbangkan karya terbaik dengan sikap profesionalisme dan kemampuan berorganisasi lewat persaingan yang sehat guna mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi di daerah ini, sehingga Kadin semakin diperhitungkan di kalangan dunia usaha,” katanya.(ch)*

No comments:

Post a Comment