Responsive Ads Here

Tuesday 26 July 2016

51 Siswa SMPN 2 Malapedho Belajar Reportase Jurnalistik


Vigonews.com, MALAPEDHO/NGADA - Sedikitnya Lima Puluh Satu (51) pelajar SMPN 2 Aimere di Malapedho, Kecamatan Inerie, Ngada akan melakukan reportase atau peliputan berita sekitar wilayah kecamatan Inerie dan Aimere.

Materi peliputan yang lebih mengeksplore situasi kelokalan, menjadi tantangan bagi puluhan siswa SMPN 2 yang berada di Malapedho itu.

Emanuel Djomba selaku pemateri dan fasilitator menjelaskan ke 51 pelajar itu dibagi menjadi  9 kelompok, dengan topic liputan berbeda-beda tiap kelmpoknya. "Kelompok 1, meliput aktivitas siswa di SMKN Aimere. Kelompok 2, meliput aktivitas Pantai Aimere yang dikembangkan menjadi obyek rekreasi," terang Eman sapaan akrab Emanuel Djomba, Selasa (26/07/2016).

Sementara, Kelompok 3 meliput kerjinan Tenun  Ikat di kampung Pali, Kelompok 4, meliput Kerajinan Gerabah di  Kelitei, kelmpok 5 meliput aktivitas Penyulingan Moke menjadi arak di Malapedho, kelompok 6 meliput di Kopdit Sinar Harapan Malapedho, kelompok 7 meliput aktivitas Tempat Pelelangan Ikan Aimere, kelompok 8 meliput sangar  Musik Akustik Paroki di Aimere, dan kelompok  9 meiput aktivitas Kerajinan Anyaman di Aimere.

Dari sembilan kelompok, perkelompok diisi 4-5 anggota, dan setiap pelajar diwajibkan menulis salah satu jenis tulisan, seperti Puisi, Cerpen, Opini, Berita dan Feature. Sebelum terjun ke lapangan, Eman Pemred Media Lokal CERMAT ini mengingatkan peserta untuk memperhatikan hal-hal teknis agar tidak mengurangi isi pemberitaan. "Penting diingat peserta, untuk semua nama narasumber jangan sampai salah tulis," tandasnya.

Pelatihan jurnalis pemula untuk pelajar SMPN 2 Aimere, Malapedho berlangsung Senin hingga Rabu, (25-27/07/2016). Pelatihan ini bertujuan untuk menyukseskan Program Literasi di dunia pendidikan. (ydlm)

Insert foto: Beberapa siswa SMPN 2 Malapedho, kecamatan Inerie mewawancarai salah seorang ibu pengrajin gerabah di Desa Kelitei.

No comments:

Post a Comment