Responsive Ads Here

Monday 3 October 2016

Arigius Belo Terpilih Sebagai Ketua Presidium PMKRI Cabang Ngada 2016/2017


Vigonews.com, MALANUZA – Arigius Belo kini memangku jabatan sebagai Ketua Presidium PMKRI Cabang Ngada ‘Santo Stefanus Periode 2016/2017. Terpilihnya Arigius Belo yang biasa disapa Ari itu melalui mekanisme sidang voting terbuka. Jumlah anggota aktif  PMKRI Cabang Ngada yang hadir pada saat itu berjumlah 13 (tiga belas) orang, dengan ketentuan satu orang berhak memberikan satu hak suara.

Mantan presidium gerakan masyarakat PMKRI Calon Cabang Ngada ini terpilih sebagai Mandataris RUAC, Formatur tunggal, dan Ketua Presidium PMKRI Cabang Ngada Santo Stefanus periode 2016/2017.

Sidang pemilihan ini difasilitasi oleh panitia ad hock dengan ketua sidang Senobius Mbasu, sekretaris sidang Marlyn Dhema dan anggota sidang Geofildus N.M Rindu. Setelah melalui tahapan dan mekanisme sidang voting terbuka dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokratis, akhirnya ketua sidang Senobius Mbasu menyampaikan perolehan suara ketiga kandidat yakni,  Arigius Belo memperoleh 8 (delapan) suara, Theodorus Kelong memperoleh 3 (tiga) suara, dan Agustinus Ndona memperoleh 2 (dua) suara.

Setelah disampaikan hasil pemilihan,  dilanjutkan dengan pembacaan dan pengesahan surat ketetapan  terpilihnya  Arigius Belo sebagai Mandataris RUAC, Formatur tunggal dan Ketua Presidium PMKRI Cabang Ngada Santo Stefanus Periode 2016/2017 oleh panitia ad hock.  Proses yang dilewati dalam agenda sidang pemilihan ini benar-benar menegaskan kepada warga perhimpunan bahwa PMKRI sebagai organisasi belajar, wadah pengkaderan, dan media perjuangan.

Mandataris RUAC terpilih Arigius Belo, usai pemilihan di aula STKIP Citra Bakhti Ngada kepada vigonews.com mengatakan, kepercayaan yang diberikan oleh rekan-rekan seperjuangan memiliki tanggung jawab besar yang tidak dapat ia sia-siakan. Sebagai mandataris RUAC, ia memiliki komitment yang besar untuk melaksanakan semua program kerja yang telah termuat dalam rekomendasi RUAC PMKRI Cabang Ngada Santo Stefanus periode 2016/2017.

Ia menambahkan, dalam kapasitasnya sebagai formatur tunggal tentunya ia akan membentuk komposisi kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang yang realisitis dan sesuai dengan kebutuhan organisasi PMKRI Cabang Ngada. Menurutnya jajaran DPC ini akan membantu dia dalam kapsitasnya sebagai ketua Presidium selama satu periode kedepan dalam semangat kolektif kolegial.

Terkait dengan gerakan PMKRI kedepan di kabupaten Ngada, Ketua Presidum PMKRI Cabang Ngada perdana ini mengatakan, arah gerak dan perjuangan PMKRI selalu tetap berpijak pada misi PMKRI yaitu berjuang dengan terlibat dan berpihak pada kaum tertindas melalui kaderisasi intelektual populis yang dijiwai oleh nilai-nilai kekatolikan, kemanusiaan dan persaudaraan sejati.

Menurutnya, perjuangan PMKRI harus tetap konsisten dengan misi PMKRI guna menjawabi visi PMKRI terwujudnya keadilan sosial, kemanusiaan dan persaudaraan sejati. Pada bagian lain ia menegaskan bahwa, PMKRI selalu hadir untuk bersuara bagi kelompok tak bersuara (Voice the voicces) dan berpihak pada kaum tertindas (option for the poor).

Semantara itu, kedua kandidat Agustinus Ndona dan Theodorus Kelong usai pemilihan kepada media ini mengatakan, siap mendukung kader yang telah terpilih sebagai ketua presidium PMKRI dan membangun kerja sama yang konstruktif guna menghidupkan PMKRI Ngada kedepan yang lebih eksis. “Proses pemilihan telah kita lewati melalui proses yang sangat demokratis. Siapapun yang terpilih itulah kader terbaik PMKRI. Kami siap mendukung dan bekerja sama untuk PMKRI Ngada kedepan yang lebih baik,” Tutur Gusti.

Yohanes Donbosko Ponong mewakili senior dan Alumni PMKRI pada saat menutup kegiatan RUAC mengharapkan agar kepengurusan yang baru harus bisa menjalankan rekomendasi RUAC, melakukan konsilidasi internal, membangun komunikasi dengan pihak hierarki, dan membangun komunikasi dengan para senior/alumni, serta berbagai stakeholder yang ada di kabupaten Ngada. 

Amanat  MPA
Pasca ditingkatkan status Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesi (PMKRI) Calon Cabang Ngada Santo Stefanus menjadi PMKRI Cabang Ngada Santo Stefanus melalui forum Majelis Permusyawaratan Anggota (MPA) beberapa waktu lalu di Jakarta, maka PMKRI Cabang Ngada segerah melakukan pergantian komposisi Ketua Presidum dan jajaran Dewan Pimpinan Calon Cabang (DPCC) PMKRI Ngada periode 2015/2016.

Hal ini karena, kepengurusan yang ada di PMKRI Cabang Ngada adalah ketua presidium dan Dewan Pimpinan Calon Cabang. Demikian dikatakan oleh Wilfridus Djanga ketua Presidium PMKRI Calon Cabang Ngada periode 2015/2016 di aula STKIP Citra Bakhti Ngada  pada saat seremonial pembukaan.

Menurut Frid demikian ia biasa disapa, ketika memberikan sambutan pada saat pembukaan kegiatan Rapat Umum Anggota Cabang (RUAC) PMKRI Cabang Ngada Santo Stefanus periode 2016/2017 mengatakan,  ketua presidium dan jajajaran DPCC memiliki tanggung jawab moral untuk melaksanakan agenda kaderisasi di PMKRI melalui RUAC  guna memilih mandataris RUAC/Formatur Tunggal/Ketua Presidum PMKRI Cabang Ngada Santo Stefanus Periode 2016/2017.

Ia menambahkan bahwa, RUAC ini dilaksanakan agar roda perhimpunan tetap berjalan dan terus eksis di kabupaten Ngada. “Kami kemarin hadir pada saat kongres MPA di Jakarta, dan pada saat itu pula saya mempersentasekan perkembangan kegiatan baik secara internal maupun eksternal yang dilakukan oleh PMKRI Calon Cabang Ngada untuk kemudian bisa dinilai oleh forum MPA. Puji Tuhan, suara MPA menyepakati PMKRI Calon Cabang Ngada sudah layak didevenitifkan menjadi Cabang berdasarkan variabel-variabel yang telah termuat dalam konstitusi organisasi. Sehingga ketika kami pulang, secara moral tidak boleh kami diam-diam, tetapi harus segerah melaksanakan RUAC PMKRI Cabang Ngada pertama”  tandas bung Frid.

Ketua Panitia RUAC PMKRI Milianus Jegaut mengatakan, RUAC merupakan forum legislatif tertinggi di tingkat cabang guna mengevaluasi kinerja pengurus PMKRI sebelumnya, menyusun program-program kerja strategis PMKRI satu periode kedepan, dan memilih mandataris RUAC, formatur tunggal, dan ketua presidium. (dbp)***

Insert foto: Suasana RUA Cabang PMKRI Cabang Ngada

No comments:

Post a Comment