Responsive Ads Here

Monday 3 October 2016

Janji Melayani Lebih Baik Sehatkan Masyarakat


Vigonews.com, INERIE – Para petugas di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Inerie kecamatan Inerie Kabupaten Ngada Ikrarkan janji perbaikan pelayanan. Ikrar janji itu dilakukan guna memperbaiki dan meningkatkan pelayanan sebelumya setelah diadakan lokakarya internal puskesmas terhadap identifikasi keluhan dan survey pengaduaan masyarakat.

Ada 10 janji yang diikrarkan pada, Jumat (23/09/2016) lalu, setelah melalui tahapan lokakarya internal dari kegiatan reformasi puskesmas. Dalam tahap ini, petugas puskesmas menggali akar atau penyebab, timbulnya keluhan yang disampaikan oleh masyarakat sebagai pengguna layanan puskesmas dan jaringannya (Pustu, Poskesdes, dan Polindes).

Mentor Puskesmas reformasi Yohanes Donbosko Ponong, Jumad (23/09/2016) mengatakan, setelah menemukan faktor-faktor penyebabnya, kemudian internal puskesmas juga menemukan sendiri solusi yang harus dilakukan oleh para petugas kesehatan di Puskesmas.

Dikatakan, lokakarya internal UPTD Puskesmas Inerie dilaksanakan 21 – 23 September 2016, bertempat di UPTD Puskesmas Inerie,  dihadiri oleh seluruh petugas kesehatan mulai dari tingkat puskesmas sampai desa.  Kegiatan ini diawali dengan pembacaan dan peringkatan ututan keluhan masyarakat yang diperoleh pada saat surey pengaduaan masyarakat dan peserta dibagi kedalam empat kelompok, antara lain kelompok tata pelayanan, kedisiplinan dan komptensi petugas, obat-obatan dan kesembuhan pasien, tenaga dan biaya serta kelompok Lingkungan dan sarana prasarana.

Kegiatan hari kedua adalah setiap kelompok melalui jubirnya masing-masing mempertanggungjawabkan hasil kerja kelompok. Misalnya ada keluhan masyarakat yang menyatakan “petugas kurang disiplin terhadap waktu pelayanan”

Menurut Bosco, di hari ketiga petugas menemukan akar masalah mengapa petugas kurang disiplin dalam memberikan pelayanan. Penyebab internal adalah adanya sikap malas dari dalam diri. Dan penyebab eksternalnya adalah jarak rumah petugas dan fasilitas kesehatan begitu jauh. Oleh karena itu, solusi internal adalah petugas harus berani melawan sikap malas dalam diri, dan solusi eksternal adalah mencari tempat tinggal yang dekat dengan fasilitas kesehatan.

“Ia ini adalah salah satu contoh lokakarya internal yang dapat kita gali faktor penyebab internal dan eksternal. Kemudian solusi yang kita tawarkan. Apablia ini benar-benar dilaksanakan oleh petugas kesehatan mulai dari tingkat puskesmas sampai jaringannya maka kegiatan reformasi puskesmas dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya,” Kata Bosco.

Semantara itu, kepala UPTD Puskesmas Inerie Paulus Nono disela-sela kegiatan  tersebut mengatakan, kegiatan lokakarya internal harus dimaknai oleh para petugas kesehatan kecamatan Inerie sebagai kegiatan perbaikan pelayanan kesehatan kearah yang lebih baik.

Menurutnya, masyarakat sebagai pengguna layanan berhak memberikan penilaian terhadap kinerja yang telah kita laksanakan selama ini. Semua pengaduaan yang telah disampaikan oleh masyarakat dalam kegiatan reformasi puskesmas ini harus bisa diterima, mau mengakui kesalahan, dan harus bisa menunjukan pelayanan yang lebih prima kepada masyarakat.

Sepuluh janji perbaikan pelayanan Puskesmas Inerie yang diucapkan oleh para petugas kesehatan UPTD Puskesmas Inerie dan Jaringannya yakni, pertama, Disiplin terhadap waktu pelayanan. Kedua, loyalitas dalam tugas dan pelayanan. Ketiga, melayani pasien dengan senyum, sikap ramah, jujur, transparan, komunikatif dan tanpa ada pilih kasih.

Keempat, Membangun kerja sama yang baik dengan pemerintah desa, lintas sektor dan masyarakat. Kelima, memberikan teladan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Keenam, memberikan informasi dan sosialisasi sektor kesehatan berbasis masyarakat desa. Ketuju, Menciptakan suasana kerja yang komunikatif dan harmonis.

Kedelapan, meningkatkan kompetensi diri melalui pendidikan, pelatihan, simulasi internal dan memperkaya referensi diri. Kesembilan, Menjaga, memeilihara dan merawat semua sarana dan prasarana yang ada di fasilitas kesehatan. Dan kesepuluh, Bersedia menerima kritik dan saran yang membangun dari sesama rekan kerja, dan masyarakat sebagai pengguna layanan.

Salah seorang staf UPTD Puskesmas Inerie, Wilybrodus Batta  menyanggupi siap untuk melaksanakan tugas pelayanan, sebagai pelayan kesehatan yang reformis. (ch) ***

Insert foto:  Tenaga Kesehatan UPTD Puskesmas Inerie sedang mengucapkan janji sebagai akhir dari kegiatan Lokakrya Internal, Jumad ( 23/09/2016).

No comments:

Post a Comment