Responsive Ads Here

Thursday 29 October 2015

Sekolah di Desa Gelar Pelatihan Jurnalistik Meriahkan BBN


WOLOMEZE/NGADA/FLORES, vigonews.com - Sekitar 125 siswa SMPN 1 Soa di Natarandang, Wolomeze mengikuti latihan jurnalistik. Kegiatan yang digelar, Rabu (28/10/2015)  serangkaian kegiatan  Bulan Bahasa Nasional (BBN) dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda  tahun 2015.

Pelatihan jurnalistilk digelar bekerja sama dengan Koran Masuk Sekolah (KMS) Media CERMAT. Dalam sesi pelatihan siswa dibekali dengan ilmu jurnalistik, mulai dari pengertian jurnalistik, teknik reportase, teknik wawancara, teknik menulis berita dan feature.  Hadir sebagai narasumber  yakni Pemimpin Redaksi Media CERMAT, Emanuel Djomba,  dalam pelatihan sehari itu.

Menurut  Djomba,  pelatihan ini sangat strategis bagis siswa (remaja) guna meningkatkan kemampuan menulis, membawa siswa dalam pengalaman terhadap proses produksi media, menumbuhkan budaya baca, menciptakan penggerak jurnalisme dan media sekolah, serta menyukseskan gerakan membaca bagi pelajar Indonesia demi terwujudnya pelajar yang kritis dan cerdas.


Selain itu, kata Djomba, pelatihan ini memberi manfaat bagi para siswa akan pentingnya media, dalam menumbuhkan tradisi baca tulis, menguasai teknik menulis dalam dunia jurnalistik dan menggerakkan siswa dalam mengembangkan media sekolah.

Dikatakan, pelatihan yang dilakukan menggunakan pola proses dengan menerapkan metode interaktif. Proses dimulai dengan tela’ah karya jurnalistik di surat kabar.Setelah melewati proses siswa diharapkan mampu menulis berita dan feature secara sederhana, dan memahami proses hingga produksi karya tulis media.

Meski baru pertama kali pelatihan ini digelar, namun kegiatan bulan bahasa di sekolah ini sudah menjadi agenda tahunan yang diisi dengan berbagai kegiatan perlombaan dan pentas seni di sekolah yang terletak di kecamatan Wolomeze itu.



Kepala SMPN 1 Soa, Melkior Kodo, S.Pd ketika membuka kegiatan mengatakan, pelatihan ini menjadi momen yang tidak kalah penting bagi siswa dalam rangka menumbuhkan kreatifitas dan meningkatkan kemampuan menulis siswa. "Karena itu mulai tahun ini, pelatihan jurnalistik diupayakan akan menjadi kegiatan rutin di sekolah ini. Saya  berharap para siswa dapat  memanfaatkan waktu pelatihan sehari ini dengan  sebaik-baiknya," katanya.

Dibagian lain, ketua Panitia pelaksana, Maria Nima dalam laporannya mengatakan selain menggelar  kegiatan pelatihan jurnalistik,  berbagai jenis lomba seperti menulis, pidato dan kegiatan seni lainnya, juga diadakan lomba memasak makanan  lokal. Dikatakan,  lomba ini untuk menanamkan jiwa wirausaha di kalangan siswa dan rasa cinta pada produk pangan lokal. Usai kegiatan lomba, makanan lokal hasil racikan para siswa dijual kepada pengunjung dan orang tua yang diwajibkan hadir dalam momen bazaar dan penutupan kegiatan bulan bahasa.(ch)*

Insert foto: Suasana pelatihan jurnalistik

No comments:

Post a Comment