Responsive Ads Here

Friday 13 November 2015

Dikendarai Pater Baldus, OCD, Kijang Masuk Jurang


BAJAWA/FLORES, vigonews - Sebuah mobil kijang  pikap dengan nomor polisi EB 7479 AD terjun ke jurang di Tanawau, kampung Menge, desa Inelika, Kecamatan Bajawa Utara (Batara) Sabtu (14/11/2015) siang.

Mobil itu kendarai Pater Ubaldus, OCD dalam perjalanan dari Maronggela menuju Bajawa, ibu kota Kabupaten Ngada sekitar pkl. 10.20 wita. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu, namun informasi yang diperoleh vigonews.com di Tempat Kejadia Perkara (TKP) korban sudah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan.

Menurut saksi mata, Fransiska Uza yang rumahnya tidak jauh dari TKP mengatakan dia tidak tahu kalau mobil yang meluncur ke jurang dekat rumahnya itu kendarai oleh seorang pastor. Hanya, dia sempat kaget mendengar bunyi benturan cukup keras. Setelah itu dia keluar ternyata ada sebuah mobil masuk ke jurang tetapi sangkut di pohon.

Beberapa saat kemudian sudah terlihat ada sekitar empat orang yang memapah korban dari jurang. Ternyata yang membantu adalah Penjabat Bupati Ngada Yohanes Tay  dan staf yang baru saja lewat dari bandara Soa. "Saya hanya liat dari jauh ada oto bapa penjabat bupti yang berhenti kemudian ada empat orang membantu pater dari jurang ke jalan," kata Fransiska.

Setelah dibantu, kata Fransiska, korban yang kemudian diketahui pater Baldus itu lansung dilarikan ke rumah sakit bajawa untuk mendapat pertolongan menggunakan mobil bapak penjabat bupati.

Kira-kira lebih dari sejam  kemudian, Pater Rony  dari OCD Bajawa dan tim tiba di lokasi. Mereka mau melihat kondisi kendaraan dan situasi di TKP. Menurut dia, pater Ubaldus saat ini sudah dilarikan ke rumah sakit dan sedang dirawat.

"Pater Ubaldus sekarang sedang dirawat di rumah sakit. Ada pendarahan di hidung mungkin karena benturan," ujar Pater Rony.


Mobil  yang dikendarai Pater Ubaldus terjun ke jurang dan menabrak sebatang pohon sebesar pemeluk anak-anak. Akibatnya bagian depan mobil kijang milik OCD Maronggela itu ringsek dan kaca depan  retak-retak.

Bemper mobil kijang pun ringsek dan ban bagian kanan dengan bemper depan yang ringsek sangkut di pohon sehingga tidak menyebabkan mobil tertahan dan tak sampai lelesat ke dasar jurang beberapa meter lagi.

Pater Bernabas yang dihubungi vigonews.com membenarkan mobil kijang dengan no.pol EB 7479 AD adalah milik OCD Maronggela  yang sejak pagi  harinya dikendari pater Ubaldus ke Bajawa.

Menurut Pater Nabas, informasi yang diperolehnya sesaat akan berlalu  dari bok, Pater Baldus sempat membenahi klakson yang mengalami gangguan. Akibatnya konsentrasi buyar dan hilang akal mengendalikan kendaraan yang sudah menepei di bibir jurang. Karena laju kendaraan cukup kecang setelah melewati bok, Pater Ubaldus tak kuasa mengendalikan lagi hingga akhirnya terjun ke jurang.

Informasi dari pater Nabas dibenarkan Pater Rony yang baru tiba di TKP setelah menjenguk Pater Ubaldus di rumah sakit. "Pater Ubaldus  sempat membenahi klakson yang sedikit onar sehingga hilang kendali," kata Pater Rony.

Menurut Pater Rony, Pater Ubaldus sudah mendapat penanganan medis di RSUD Bajawa. “Syukur pater tidak terlalu parah hanya hidungnya berdarah karena benturan cukup keras. Kebetulan waktu lewat ada bapa penjabat bupati makanya Pater Baldus langsung ditolong dibawa ke rumah sakit. Pater Baldus masih harus istirahat,” urai Pater Rony. (ch)*

Insert foto: Mobil kijang yang dikendarai Pater Ubaldus, OCD

No comments:

Post a Comment