Responsive Ads Here

Wednesday 4 November 2015

Menuju Habitus Baru Kepramukaan, Keuskupan Agung Ende Gelar Jambore


BAJAWA/FLORES, vigonews.com - Untuk pertama kalinya Keuskupan Agung Ende menyelenggarakan Jambore Pramuka tingkat SMP Sekeuskupan Agung Ende yang berlangsung selama 4 hari ( 04-08 November 2015) di lapangan SDK Pape.

Kegiatan dengan tema "Menuju Habitus Baru kepramukaan dalam Nuansa Kristiani" ini dihadiri oleh 172 Peserta dari Gudep SMP Katolik Keuskupan Agung Ende yang tersebar di Kabupaten Ngada, Nagekeo dan Ende.

Acara diawali dengan upacara pembuka yang dihadiri oleh Penjabat Bupati Ngada, Vikjen KAE Romo Sirilus Lena, Pr,  Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Ngada, Pimpinan SKPD lingkup Setda Ngada, Para Guru, Pemerhati Pendidikan, Tokoh Masyarakat, Biarawan Biarawati dan pimpinan rombongan dari Ende, Ngada dan Nagekeo.

Dalam amanatnya sekaligus membuka dengan resmi acara Pramuka,  penjabat Bupati Ngada mengatakan bahwa Pekan  kekerabatan 1 TKK-MPK ( Tim Kerja Kepramukaan - Majelis Pendidikan Katolik) Keuskupan Agung Ende 2015 yang  diprakarsai oleh Keuskupan Agung Ende ini  merupakan usaha mendorong aktivitas pelajar untuk semangat dalam menunjukkan kreatifitasnya. Kegiatan ini juga menjadi  wahana terbesar kekerabatan yang memiliki sasaran bagi generasi muda untuk menggali pengalaman hidupnya.

Penjabat Bupati Ngada Yohanes Tay bersama Vikjen Keuskupan Agung Ende diterima di arena Bumi Perkemahan desa Pape
"Kegiatan ini juga menjadi sarana yang tepat bagi generasi muda untuk pembinaan sikap dan mental yang sejalan dengan gerakan moral yang digalakan Persiden RI yakni revolusi mental yang dimulai dari usia dini,”  katanya.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi langkah awal gerakan pramuka katolik bersifat nasional, untuk menjadikan generasi muda sebagai  pemimpin yang melayani bagi gereja dan negara. Dia juga mengatakan, kegiatan ini hendaknya menjadi moment bagi kita untuk peduli, menghargai dan menjalin kelangsungan hidup anak, bagi masa depan gereja dan negara."Kegiatan ini harus dimaknai sebagai bentuk kepedulian pemerintah dan gereja tehadap hak anak untuk tumbuh sehat, kreatif, jujur dan berakhlak mulia,”  katanya.


Apel Pembukaan Pekan Kekarabatan (Jambore) Pramuka Keuskupan Agung Ende dipimpin Penjabat Bupati Yohanes Tay
Pada kesempatan tersebut  dia juga berharap  agar para peserta dapat memperoleh pegalaman dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, dan mengajak semua pihak untuk terlibat dalam tindakan nyata dalam pemenuhan hak-hak  anak.

Usai upacara pembuka, acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dari penjabat Pemda Ngada kepada Panitia dan dilanjutkan dengan atraksi Drum Band dan tarian Gawi dari SMAK Recis Bajawa. (ml)*
Vikjen KAE Rm. Syirilus Lena Pr bersama Penjabat Bupati Yohanes Tay jai bersama saat pembukaan pekan kekerabatan kepramukaan (Jambore) KAE


No comments:

Post a Comment