Responsive Ads Here

Saturday 1 April 2017

Menyelamatkan Siswa Pasca Kisruh, SMK Sanjos Dipastikan Filial Ke SMK Sanjaya


SOA – Pasca kisru di SMK Sanjos Soa menyusul pemecatan Kepala Sekolah Aloysius Liu, publik seperti miris. Bagaimana nasib sekitar 120 siswa di sekolah yang kini baru berjalan di tahun kedua?

Jalan paling mungkin untuk menyelamatkan siswa adalah melakukan filial dengan sekolah terdekat. Filial dimungkinkan menyusul  aksi penolakan orang tua dan siswa terhadap sikap Yayasan Gema Riosampatrya yang dinilai arogan memecat kepala sekolah.

Kepastian akan filial dengan SMK Sanjaya Bajawa diperoleh vigonews.com, Minggu (02/04/2017) setelah kemounikasi antara Aloysius Liu dengan Kepala SMK Sanjaya Bajawa Andreas Rema.

Andreas Rema mengatakan sudah mendapat informasi tentang kisruh di sekolah itu. Dirinya prihatin dengan nasib siswa, karena itu harus ada solusi cepat. Pertimbangan Filial dimungkinkan karena 90 persen siswa tidak ingin kembali ke sekolah itu. Dan orang tua siswa juga sudah menarik anak-anak mereka dari sana.

Komunikasi untuk filial, kata Aloysius Liu, tinggal selangkah lagi. Hanya perlu komunikasi intens dengan pihak yayasan Sanjaya. Kalau dengan pihak SMK Sanjaya sudah ada kesepahaman.

Untuk diketahui, pada rapat Sabtu (01/04/2017) orang tua dan siswa meninggalkan tempat rapat di Tuakazu (lokasi sekolah). Saat itu, sebagaimana pantauan vigonews.com, para orang tua menyatakan menarik kembali anak-anak mereka yang kini duduk di kelas X dan XI.

Sikap orang tua menarik anak-anak mereka karena takut nasib siswa terlantar karena pihak yayasan berseteru dengan mantan kepala sekolah Aloysius Liu. Sebagian besar guru juga menyatakan keluar dari sekolah itu. Kekhawatiran itu sempat disampaikan  Fali Meo – orang tua salah seorang siswa. Kata dia jika tidak ada rekonsiliasi siswa bisa terlantar.

Baik Fali Meo, Yeri Soa, Yoseph Molo, Leonardus Leo, Loni Doe,  dan Yeri Soa menghendaki ada rekonsiliasi. Bagi mereka kepala Sekolah sebelumnya Aloysius Liu memiliki kapasitas dan memiliki pengalaman. Aloysius telah membangun sekolah itu dari zero tanpa sentuhan apapun dari yayasan. Selain itu, Pergantian kepala sekolah akan menimbulkan banyak konsekuensi bagi kegiatan KBM dan kegiatan sekolah itu. Namun yayasan bergeming dengan saran itu. (ch)***

Keterangan foto: Para siswa saat mengikuti rapat sesaat sebelum meninggalkan sekolah dan menyatakan tidak kembali ke sekolah itu.


(Laporan lengkap perseteruan Yayasan Gema Riosampatrya dengan mantan Kepala SMK Sanjos yang terpecat, simak MEDIA CERMAT, edisi 10 April 2017)

No comments:

Post a Comment