Responsive Ads Here

Saturday 9 July 2016

Anak-anak Niolewa Bisa Sekolah Berkat Kerja Sama dengan Australia


Vigonews.com, JEREBU’U Pemerintah daerah Kabupaten Ngada melalui Wakil Bupati, Paulus Soliwoa meresmikan sekolah dasar Nio Christian Primary School (NCSP) yang terletak di Desa Niolewa, Kecamatan Jerebuu, Ngada, Kamis (07/07/2016). Peresmian itu ditandai dengan prosesi pemotongan pita oleh Wabup Paulus dan Mr. Stev, Pemilik Yayasan Flores Village Development (FVD).

Sebelum Wabup Paulus menyampaikan pandangannya terkait sekolah NCPS, mewakili panitia Agustinus Pati sedikit menjelaskan kesiapan panitia menyukseskan acara peresmian tersebut. Selain itu, Agustinus juga menjelaskan proses pembebasan lahan sekolah NCPS hampir empat tahun lalu itu."Tanah ini dibeli oleh masyarakat dengan uang Rp.100 juta," terangnya dihadapan para undangan. 
Keta FVD Moses Jala (kanan) mengajark para tamu meninjau ruang belajar SD Niolewa
Namun, dana dengan nominal fantastis itu menurutnya bukan dari masyarakat desa Niolewa melainkan dari para donator yang tergabung dalam yayasan FVD besutan Mr. Stev. "Masyarakat hanya menyiapakan tenaga, untuk proses pembangunan," ungkap Agus panggilan akrabnya.

Dalam kesempatan itu, Moses Jala selaku Ketua Yayasan FVD NCPS mengingatkan kembali apa yang pernah disampaikan Bupati Ngada Marianus Sae saat pertama kali dirinya berjumpa Mr. Stev. "Mereka ini bukan keluarga kita, bukan tua eja (besan) atau saudara kita tapi mereka dengan penuh kasih sayang melihat kekurangan kita," jelas Moses menirukan perkataan Marianus Sae.

Lanjut Moses dengan program kerjasama desa Flores (Indonesia) dengan Australia, selain fokus di dunia pendidikan juga di bidang pariwisata. Hal itu menurut Moses bisa dilihat dari lebih dari ribuan masyarakat Australia Barat yang telah mengetahui kepariwisataan Flores umumnya, dan khusunya di Kabupaten Ngada. Selain itu masyarakat Australia Barat secara ikhlas menyumbangan 1 dollar Australia terkait program kerjasama dua negara tersebut. "Uang yang terkumpul untuk gaji guru, kegiatan pembangunan sekolah, untuk program air minum, bahkan kegiatan-kegiatan kesehatan," urainya.
Kegiatan diselingi pentas drama dalam bahasa Inggris
Pada kesempatan itu, Moses yang telah menggeluti program ini sejak 2010 menggantikan posisi Marianus Sae yang terpilih memimpin Ngada, pun berharap Pemda Ngada bisa perhatikan lembaga pendidikan yang telah masyarakat Niolewa rintis. "Kepada Bapak Wakil Bupati Paulus, guru-guru yang telah kita bina sekian tahun ini bisa dipertahankan dan bisa dimasukan dalam pendanaan BOS," imbunya.

Sebagai penutup, ia meminta program listrik masuk Desa Niolewa dapat terealisasi tahun 2017 dan peningkatan jalan dari jalan tanah ke aspal bisa terlaksana dalam waktu dekat.

Hal senada juga diutarakan Mr. Stev yang berharap para pendidik yang telah mengajar hampir 4 tahun di NCPS bisa terus menjalankan tugas mereka dalam melayani anak didik di Desa Niolewa. "Mudah-mudahan Pak Bupati (Marianus Sae) tidak memindahakan guru-guru yang telah kami bina," kata Stev dalam bahasa Inggris yang diterjemahkan Moses Laja.

Selain itu, Stev pun berterima kasih pada kaum muda Australia yang telah mengumpulkan dana Rp.300 juta di tahun 2016 untuk menyukseskan program pendidikan lintas negara tersebut.

Acara Ja'i bersama
Terkait kondisi demikian, mewakili Pemda Ngada, Wabup Pulus Soliwoa mengucapkan terima kasih atas niat tulus pihak Australia dalam membantu dunia pendidikan di Flores. "Ini merupakan sejarah bagi Pemda Ngada, masyarakat Niolewa dan kita semua karena bantuan anak muda Australia dan yayasan sehingga program pembangunan bisa terlaksana," ungkapnya.

Perihal bantuan, Paulus menegaskan pihaknya tidak akan diam melihat persoalan tersebut. Orang nomor dua di Pemda Ngada ini menghimbau SKPD agar mengingatkannya terkait implementasi program tersebut. "Saya pikir kalo kita melihat tempat ini, terus hanya datang nonton. Saya nilai tidak ada guna kita datang kesini," pungkasnya.

Pasangan Bupati Marianus Sae ini, menghimbau jajaran SKPD Ngada untuk mengingatkan mereka agar mempercepat peningkatan jalan maupun program-program yang berkaitan dengan dunia pendidikan dan pelayanan masyarakat desa. (ydlm)

Insert foto: Peresmian SD Niolewa oleh Wakil Bupati Paulus Soliwoa di dampingi Mr. Stev

No comments:

Post a Comment