Responsive Ads Here

Saturday 9 July 2016

Prosesi Salib Indonesia Youth Day KAE Memasuki Kevikepan Bajawa


Vigonews.com, NANGARORO – Prosesi salib Indonesian Youth Day (IYD) atau Hari Orang Muda Katolik (OMK) se-Indonesia, untuk Keuskupan Agung Ende (KAE) memasuki Kevikepan Bajawa. Orang Muda Katolik Paroki Martinus Nangaroro siap menerima Salib IYD (Indonesian Youth Day) Keuskupan Agung Ende di perbatasan Kevikepan Ende dan Kevikepan Bajawa (10/07/2016).

Paroki Nangaroro  merupakan paroki kevikepan Bajawa  yang berbatasan dengan paroki kevikepan Ende  dan menjadi paroki pertama yang menerima Salib IYD setelah pemberkatan oleh Uskup Agung Ende Mgr.Vincentius Sensi Potokota dalam acara penutupan Ende Youth Day yang berpusat di Paroki Mautapaga Ende.

Ketua OMK Paroki Martinus Nangaroro Yoan Ndapa kepada vigonews.com  mengatakan bahwa penjemputan Salib IYD ini akan dilakukan besok 10 Juli 2016 di Nangamboa, dan di halaman gereja Salib akan diarak dengan diiringi  Tarian Sarafai dan sarahaki.

Yoan juga mengatakan bahwa selain seluruh Orang Muda di sembilan stasi, seluruh umat juga akan hadir untuk mengikuti upacara ini. Salib IYD akan berada di paroki Nangaroro selama dua hari sejak 10-12 Juli kemudian akan di hantar menuju paroki Kritus Raja Riti.

Selama dua hari di paroki Nangaroro, seluruh orang muda akan mengadakan doa dan adorasi serta  sharing Kitab Suci dengan tema menjadi Injil yang Hidup.

Sementara itu ketua Divisi OMK kevikepan Bajawa RD Anderson D  Lulu kepada vigonews.com mengatakan bahwa perarakan Salib IYD tahun 2016 ini akan dimulai pada 10 Juli 2016 di seluruh paroki keuskupan Agung Ende dengan perincian kevikepan Bajawa 35 paroki dan kevikepan  Ende 26 Paroki.

"Salib IYD ini akan dijemput dari paroki Mautapaga sekaligus penutupan Ende Youth Day dan selanjutnya masing-masing orang muda disetiap paroki akan menerima perarakan salib ini sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” katanya.

Prosesi salib dan novena Indonesia Youth Day dilaksanakan serentak sejak Januari tahun 2016. Puncak dari perarakan ini akan dilakukan di Manado pada bulan Oktober 2016 dalam acara Indonesian Youth Day yang juga akan diikuti oleh perwakilan OMK dari masing-masing paroki dari Keuskupan Agung Ende.(ml)

Insert foto: OMK Paroki Nangaroro melakukan perispan penyamutan Salib IYD

No comments:

Post a Comment