Responsive Ads Here

Wednesday 6 July 2016

Boleh Bicara Keras, Tetapi Jangan Lakukan Kekerasan Fisik


Vigonews, BOAWAE - Pekan Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Boawae resmi berlangsung hari ini, Rabu (06/07/2016). Pelaksanaan pekan OMK tahun ini berpusat di Koordinator Nagesapadhi, tepatnya di Kampung Toeteda, Boawae.

Bertindak sebagai moderator Romo Yohanes Mere atau akrab disapa Romo Juan mengingatkan pelaksanaan pekan OMK harus memiliki manfaat bagi kaum muda Katolik, khususnya di Paroki Boawae. "Bendera yang kalian kibarkan harus mencirikan pribadi kaum muda katolik," tandas Romo Juan saat memberikan sambutan pada apel pembuka Tri Hari OMK, Toeteda, Rabu (06/07/2016).

Dalam kesempatan itu, Romo Juan secara tegas menghimbau seluruh peserta OMK dari 7 koordinator/stasi se-Paroki Boawae untuk tidak berbuat vandalisme atau melakukan kekerasan terhadap sesama. "Kalo bicara keras boleh-boleh saja, asal tidak boleh melakukan kekerasan fisik. Secara tegas saya akan memberikan sanksi," pungkas rekanan Romo Yoseph Liwu ini.

Dalam kesempatan itu, tokoh masyarakat Nagekeo, asal Boawae, Cyrilus Bao Engo berharap kegiatan Pekan OMK dengan tema "Domine Ut Videam Manete In Me" memberikan masukan positif bagi generasi muda Katolik.

"Karena itu kegiatan pembinaan harus membawa dampak mempersiapkan mereka (OMK) sebagai generasi penerus gereja. Gereja Paroki Boawae ada di tangan mereka," kata Cyrilus usai apel pembuka.

Cyrilus pun berharap, kegiatan yang menyebarkan hal-hal positif bisa ditingkatkan. "Kita harapkan pembinaan tidak hanya kegiatan-kegiatan seremonial macam ini, tapi ada pembinaan-pembinaan rutin katakanlah semacam pendalaman.

Lanjut Cyrilus, "Tema-tema materi yang di sini (Pekan OMK) bisa diteruskan pendalamannya ke koordinator atau stasi sehingga betul-betul diresapi," pesannya.

Rangkaian kegiatan

Sekitar pukul 13.00 WITA, Ratusan Peserta OMK berkumpul di Gereja Fransiskus Xaverius Paroki Boawae, Kabupaten Nagekeo. Lalu menuju ke Kampung Toeteda sekitar pukul 14:30 WITA menggunakan konvoi kendaraan mobil dan sepeda motor yang dijemput rombongan pemukul Gong dan Gendang. Konvoi itu dikawal aparat Polsek Boawae.

Sebelum menuju ke Kampung, ratusan peserta yang berada di kendaraan masing-masing turun kemudian berjalan kaki sesuai rombongan koordinator/stasi-nya. Sekitar pukul 15:00 WITA peserta Pekan OMK mulai menempati tempat duduk yang disediakan di panggung peserta. Lalu sekitar pukul 16:00 WITA upacara bendera pembukaan Pekan OMK resmi dibuka. Pekan OMK sendiri berlangsung sejak Rabu-Minggu (06-10/07/2016).

Untuk diketahui, pembukaan Pekan OMK sendiri juga dihadiri Lurah Nagesapadhi, Pihak Kopdit Boawae, perwakilan Bank NTT Boawae, jajaran Pembina OMK Boawae, Pembina OMK Nagesapadhi dan tokoh masyarakat. (ydlm).

Insert foto: Gereja Paroki St. Fransiskus Xaverius Boawae

No comments:

Post a Comment