Responsive Ads Here

Saturday 30 July 2016

Guru di Kecamatan Jerebu’u Gelar Workshop PTK


Vigonews.com, JEREBU’U/NGADA – Sekitar 50 orang guru di lingkup Cabang Dinas PKPO Kecamatan Jerebu’u, Kabupaten Ngada, 29 – 30 Juli 2016 menggelar workshop penulisan PTK (Penelitian Tindakan kelas). Kegiatan workshop itu menghadirkan nara sumber sekaligus fasilitator yang juga Dosen STKIP Citra Bakti Ngada, Emanuel Djomba, S.S.

Kepala Cabang Dinas PKPO Kecamatan Jerebu’u, Hubertus Sari ketika membuka kegiatan workshop, Jumat (29/07/2016) lalu mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi  para guru di wilayah itu. Menurut Hubert begitu dia biasa disapa, kualitas pendidikan amat sangat ditentukan oleh eksistensi guru, karena itu  pengembangan salah satu kompetensi guru dalam melakukan PTK dan menulis hasilnya menjadi hal yang sangat penting.

Hubert memberi apresiasi kepada para guru yang dengan penuh antusias mengikuti kegiatan. Workshop itu, kata Hubert menjadi landasan pijak bagi para guru di wilayahnya untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas dari waktu ke waktu. “Karena kalau mau supaya siswa berkualitas, maka guru yang harus terus dipoles supaya semakin berkualitas juga,” katanya.
 
Para guru peserta workshop PTK
Ketika menutup kegiatan, Hubert mengatakan kegiatan workshop memang ditutup, tetapi kegiatan pengembangan kemampuan menulis akan terus berlanjut  ke depan. Karena itu Hubert meminta fasilitator dari Media CERMAT untuk siap mendampingi para guru secara periodik ke depan. Harapan Hubert agar peningkatan kompetensi menulis guru akan terus dilaksanakan,  diaminkan oleh para guru.

Sementara narasumber yang juga fasilitator workshop, Emanuel Djomba, S.S  menyatakan siap mendampingi para guru. Baginya kegiatan semacam ini tidak akan banyak manfaatnya jika tidak berkelanjutan, karena menulis  merupakan kompetensi yang diperoleh melalui latihan terus menerus.

Pada kesempatan itu, Djomba, memberi apresiasi kepada para guru yang penuh semangat dan tidak kenal lelah mengikuti proses tahap demi tahap selama dua hari. “Mereka memang hebat. Bukan karena sudah mahir menulis PTK itu sendiri, tetapi karena telah mengambil keputusan untuk memulai. Dan dalam workshop ini mereka bisa keluar dari persoalan yang selama ini mengganjal. Karena selalu menganggap PTK itu sulit,” kata Djomba.

Dalam sesi workshop salah seorang guru, Yustin, dari SMPS Yos Soedarso Jerebu’u  mengatakan, sekarang kami baru mengerti, karena  dituntun secara detil langkah demi langkah. Pelatihan yang pernah dirinya ikuti beberapa kali hanya sebatas teori dan membiarkan peserta jalan sendiri. “Jadi kami tidak tau apa yang mau diisi bagian demi bagian,” kata Yustin.
 
Kepala Cabang Dinas PKPO Jerebu'u Huerbtus Sari memberi arahan sebelum tutup kegiatan workshop 
Hanya dia mengungkapkan kesulitan lain, bahwa para guru saat ini justru kesulitan merumuskan tulisan, karena belum memiliki kemampuan menulis. Karena itu, Yustin berharap, fasilitator yang juga Pemimpin Redaksi Media Pendidikan CERMAT itu sekaligus memberi pendampingan menulis secara umum pada  pertemuan-pertemuan  berikutnya secara periodik.

Dalam sesi penutupan workshop, Ketua K3S Kecamatan Jerebu’u Thomas Ae mengatakan kegiatan workshop ini sebagai momentum bagi guru untuk terus meningkatakn kompetensinya demi memperbaiki proses pembelajaran. Dan, dampak lanjutnya tentu saja kemampuan menulis PTK akan menjadi syarat kenaikan pangkat demi mencapai kesejahteraan para guru sebagaimana yang ditawarkan Negara dengan seluruh konsekuensinya.

“Kegiatan workshop ini diharapkan akan menjadi kontribusi riil bagi guru dalam mengatasi kesulitan para guru ke depan. Karena itu kita memang harus sepakat bahwa pertemuan akan dilakukan terus di waktu yang akan datang,” kata Thomas.

Pertimbangan berkelanjutan, kata Thomas, karena kemampuan menyerap materi setiap guru pada sesi workshop yang baru usai itu berbeda-beda,  sehingga perlu dilakukan secara rutin agar kemudian para guru mampu menghasilkan/menulis PTK secara mandiri.(ch)

Insert foto: Para peserta workshop serius mengikuti workshop

No comments:

Post a Comment